RSS

Cara Menghilangkan Rasa Kantuk Dan Malas Ketika Membaca Al Qur’an

03 Okt

Tanya:

Bagaimana cara menghilangkan rasa kantuk dan malas yang datang ketika sedang membaca Al Qur’an?

Jawab:

Ada beberapa kiat yang dapat dilakukan oleh orang yang akan atau sedang membaca Al Qur’an agar ia dapat menikmati ayat-ayat yang ia baca dan terhindar dari rasa kantuk dan malas, diantaranya:

  1. Hendaknya ia mengikhlaskan diri hanya untuk mencari ridha Allah dan mengharap pahala dari-Nya ketika ia akan membaca Al Qur’an.
  1. Hendaknya ia berwudhu terlebih dahulu sebelum membaca Al Qur’an dan mengkondisikan dirinya dalam keadaan suci.
  1. Berusaha memahami ayat-ayat yang ia baca sehingga ia dapat menjiwainya seperti saat membaca surat yang dikirimkan oleh seseorang yang dicintainya kepadanya, tentu ia akan memperhatikan setiap kalimat yang tertera dalam surat tersebut.
  1. Meyakini bahwa setiap ayat bahkan setiap huruf dari Al Qur’an yang kita baca akan mendapatkan balasan kebaikan dari Allah Ta’ala . Hal ini dapat memotivasi kita untuk memperbanyak ayat yang kita baca demi mengharapkan balasan kebaikan yang banyak dari Allah Ta’ala.

Sebagaimana dijelaskan dalam sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Qur’an maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dan satu kebaikan tersebut digandakan menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alim lam mim satu huruf, akan tetapi alif adalah satu huruf, lam adalah satu huruf dan mim adalah satu huruf.” (HR. Turmudzi No 2910 dan dishahihkan oleh Albani)

  1. Memilih tempat yang kondusif untuk membaca Al Qur’an, seperti ruangan yang terang, terbebas dari suara-suara yang dapat mempengaruhi kekhusyu’an ketika membaca, seperti suara orang mengobrol, atau suara radio atau TV apalagi musik, dan lain-lain.
  1. Memilih waktu yang tepat untuk membaca Al Qur’an, sehingga ia dapat merasakan kenikamatan yang maksimal dalam membaca Al Qur’an. Jangan memaksakan diri membaca Al Qur’an dalam keadaan capek, lelah, lapar atau mengantuk, karena keadaan-keadaan ini membuat kita tidak nyaman untuk membaca Al Qur’an.
  1. Dan yang tidak kalah penting adalah memohon kepada Allah agar kita dilindungi dan dijauhkan dari sifat malas, sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah r dalam doa yang hendaknya selalu menjadi perhatian kita untuk kita lazimi dan kita amalkan:

عَنِ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

“Dari Anas bin Malik ia berkata: “Adalah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa dengan mengucapkan: (Artinya) “Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa gelisah, sedih, lemah, malas, pengecut, bakhil, dililit hutang dan dikuasai oleh orang.” (HR. Bukhari No 6008)

 
7 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 3, 2009 in Al Qur'an

 

7 responses to “Cara Menghilangkan Rasa Kantuk Dan Malas Ketika Membaca Al Qur’an

  1. yayan

    Maret 21, 2010 at 9:07 pm

    Makasih artikelnya bermanpa’at Amin……

     
  2. tiyang alit belajar ngaji

    April 14, 2010 at 10:29 pm

    sangat bagus artikel di atas,,smoga qita semua mampu mengambil & menerpkan suri tauladan yang telah diajarkan rasul kepada qita,,
    amiin…

     
  3. gumuruh

    April 19, 2010 at 5:28 pm

    ok ok ok …. syukron ya.

     
  4. ana

    Mei 17, 2011 at 7:03 pm

    khoirr khoirr…

     
  5. annalysa

    Agustus 20, 2011 at 8:46 pm

    saya baru menemukan blog ini lagi, alhamdulillah….

     
  6. badrun

    Juli 20, 2014 at 10:14 am

    terimaaksih tipsnya sangat bermanfaat, semoga menjadi amal jariyah bagi penulis aamiin…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: