RSS

Hukum Membaca Surat Yusuf Dan Maryam Ketika Istri Sedang Hamil

04 Sep

Tanya:

Apakah disyari’atkan seorang suami membaca surat Yusuf dan surat Maryam ketika istrinya sedang hamil? (081272427XXX)

Jawab:

Tidak ada tuntunannya bagi wanita yang sedang hamil dibacakan surat Yusuf atau Maryam, apalagi kalau diyakini dengan membaca kedua surat anak yang akan lahir menjadi anak yang gagah seperti Nabi Yusuf atau berbakti serta shalihah seperti Maryam. Ini semua adalah keyakinan yang tanpa ada dasarnya yang shahih dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam, maka hendaknya hal seperti ini ditinggalkan dan jangan diyakini apalagi diamalkan. Wallahu a’lam bish showab.

 
23 Komentar

Ditulis oleh pada September 4, 2009 in Al Qur'an

 

23 responses to “Hukum Membaca Surat Yusuf Dan Maryam Ketika Istri Sedang Hamil

  1. Sewa Projector Murah

    September 4, 2009 at 3:27 pm

    Mas semua ibu di dunia ini ingin anaknya mirip seperti Nabi Yussuf udah ganteng juga taqwa kepada ALLAH SWT

     
  2. Sholeha

    September 4, 2009 at 11:42 pm

    Emang benar mas, tidak ada hadist yg menjadi landasan dalam pengamalan tersebut akan tetapi ibada-ibadah mahda itu ngga pp di lakukan selama tidak ada penentangan terhadap Al-Quran dan hadits…aq kira itu ngga papa….dari pada mengisih waktu-waktu luang dengan sesuatu yg kurang bermanfaat…lg pula aq pernah membaca sebuah artikel yg mengatakan bahwa ketika kita sudah membaca Al-Quran di perbolehkan memanjatkan doa apa sj…slm tidak merugikan orang lain…dan bagi ibu-ibu yg sedang mengandung lalu kemudian dia membaca surat Yusuf ataupun surat Maryam itu momennya tepat sekali…..

     
  3. Free Games Download

    September 8, 2009 at 10:32 pm

    nie blog. … :P
    lets find a full free games download at my blog

     
  4. Ismail

    September 10, 2009 at 7:35 pm

    Ada comment lagi ga? Yang punya blog kok ga jawab ya?? Saya butuh kejelasan nih… Tq..

     
  5. tommi

    Oktober 22, 2009 at 1:23 pm

    Bacalah semua 114 surat didalam Al Quran, jangan mengkhususkan diri pada 1 atau 2 surat apalagi didasari keyakinan yg tidak ada dasarnya dari Sunnah Nabi, lalu kemudian setelah selesai, bacalah doa apa saja yg sesuai kehendak kita, sebenernya itulah yg lbh afdol. Atau bila yg sudah disyari’atkan adalah kita berdoa setiap selesai sholat.

    Jadi, untuk saudaraku sholeha, yg dipermasalahkan adalah bukan membaca surat Yusuf atau surat Maryamnya akan tetapi, mengkhususkan kedua surat itu apalagi klo didasari keyakinan yg mengada2. Akan lebih baik kita berdoa langsung pada Allah Subhanahu wa Ta’ala yg sesuai dengan keinginan kita.

    Allah berfirman : Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. -QS Al Mu’min ayat 60-

    Demikianlah semoga bisa dipahami, afwan klo ada yg ga sependapat. Hanya kepada Allah-lah kita memohon petunjuk.

     
    • zamachsyari

      Februari 7, 2011 at 11:12 am

      bener sekali, tapi kita semua kan tahu AlQur’an itu kan firman Allah dan Surut Yusuf dan Surat Maryam ada di dalam Alqur’an.

       
  6. MAKHRUS

    Januari 27, 2010 at 5:05 am

    itu nah, yg penting baca aja al-quran jangan takut terus larinya malah NONTON SINETRON biar anaknya genteng ato cantik kayak artis idolanya

     
  7. badak

    Februari 15, 2010 at 6:49 pm

    oh… gitu ya…….

     
  8. kamal

    April 27, 2010 at 6:35 am

    aku setuju saja,,malah bagus…
    ,,kan ndak ada yang dirugikan,,,penting niat kita baik……..

     
  9. ajisukma

    Juni 20, 2010 at 10:11 am

    Saudaraku, sbnrnya Al’quran menyimpan rahasia yg didalamnya terkandung segala aspek di alam semesta. membca surah yusuf n maryam untuk ibu hamil emng tdk dianjurkan dlm sunah rosul, tetapi kita mempunyai sugesti n khusnudzon kpd Allah SWT dengan membca surah tersebut. sehingga kita mempunyai harapan bayi yg ada dalam kandungan memiliki sifat n kepribadian mirip dengan para kekasih Allah tersebut. jadi sebaiknya pikiran kita jgn terlalu dangkal untuk menilai negatif sesuatu yg hanya kita lihat dari satu sisi.

    Demikian semoga bermanfaat,
    Wallohu ta’ala ‘alam bishshowab..

     
  10. ranu putra

    Januari 7, 2011 at 3:15 pm

    tidak smua yang tidak di ajarkan itu dilarang,itu adalah bentuk do’a,udunu astajib lakum,bedo’a lah kepadaku niscaya ku kabulkan,apa lagi do’nya seorang orang tua pd anaknya,tak ada penghalang nya,silahkan lanjut kan ibu2

     
  11. shinta

    Februari 17, 2011 at 6:42 pm

    semua apa yg ada dalam al-qur’an memiliki kelebihan atau keutamaan, bukankah ummul kitab adalah alfatihah, disitu saja kandungannya mencakup keseluruhan, belum yasiin sbg hatinya al-quran, belum ayat kursi, belum surat ar-rahman, surat an-nas, semuanya… ada keutamaan.. meyakini suatu surat atau ayat saja dg pemahaman yg mendalam tentunya akan mendatangkan hikmah. apalagi meyakini seluruh ayat, seluruh surat atau semua yg ada dalam al-qur’an.. coba baca risalah sayidina Umar, yg tergetar hatinya akan surat yusuf… coba baca risalah siti fatimah yg ada hubungannya dengan surat maryam…

     
  12. nyiet.nyiet

    April 8, 2011 at 9:49 am

    ngaji koq suruh ninggalkan,,,,kualat loooo

     
    • syits

      Mei 10, 2011 at 8:48 pm

      kalo saya baca lagi, yang disuruh meninggalkan tu bukan ngaji-nya, melainkan keyakinan bahwa kalo baca surat yusuf/maryam bisa dapet putra/putri yang shalih/shalihah..

      walau Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memang memerintahkan kita membaca alQur’an, tapi beliau tidak pernah mengajarkan keyakinan bakal dapat anak shalih/shalihah kalo baca surat yusuf/maryam.. jadi buat apa kita meyakini sesuatu yang tak pernah diajarkan oleh beliau?

      bukankah ada jalan lain yang lebih mustajabah dan disarankan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam?? misal melalui shalat tahajjud di 1/3 malam terakhir dlsb…

       
  13. budi

    Mei 8, 2011 at 9:30 pm

    kl mnurut aku sich gk papa, bc surat yusuf n maryam, itukan hny suatu pgharpan bagi ibu2 yg sdg hamil agar kelak anknya mmpunyai wajah tampan nan brtqwa kpd Allah SWT
    Wlaupun sifat itu akn trbntuk dr bgaimana kt mndidik ank kt
    Tp kl calon ayahnya baca surat apa yach??

     
  14. siti patonah

    Mei 16, 2011 at 9:59 am

    saya rasa semua org tua pengen anaknya soleh dan solehah tdk ada salahnya kita sering membacakan surat yusuf dan maryam asal surat yang lain juga tidak ditinggalkan yg penting kita tidak boleh mendidik anak kita dgn hal-hal yg krg baik semasa msh dlm kandungan

     
  15. Fitriyani

    Juli 4, 2011 at 2:31 pm

    Pada intinya semua itu baik, tinggal tergantung diri kita sendiri.

     
  16. nashki

    Juli 24, 2011 at 6:17 pm

    Gitu aja kok repot…!!

     
  17. devy

    Mei 30, 2012 at 10:13 pm

    assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    kalau menurut saya gpp kl baca surat yusuf dan maryam terus menerus dgn pengharapan yg baik2 untuk anaknya.. lagipula niat org tua itu kan hanya ingin yg terbaik untuk anaknya.. bukan berniat untuk melakukan bid’ah (mengada2kan yg tdk dsyariatkan dlm alquran atau hadist) tapi kalo udah tau bahwa ga ada dalil yg shahih atas keyakinan tsb,, ada baiknya org tua merubah diri untuk tdk hanya fokus membaca surat tsb dgn keyakinan pengharapan yg tdk ada dalilnya tsb.. mnjadi baca semua surat dalam al-quran dgn ikhlas lillahi ta’ala dan memohon sungguh2 agar anak yg dkandung sesuai yg diharapkan (yg pasti org tua menginginkan yg terbaik) dan sy setuju dgn komentar diatas

    Allah berfirman : Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. -QS Al Mu’min ayat 60-

    wassalamualaikum wr wb

     
  18. Eko cahyono

    Agustus 14, 2013 at 12:19 pm

    Q pengen anak’q cewek yang cntik & pinter….
    Setiap hari selalu q dgrkan baca’an surat mariyam…..
    Semoga allah mngabulkan atas do’q..amiiin…

     
  19. betathong

    Maret 25, 2014 at 10:37 am

    ini paling yg punya blog orng wahabi,yg dikit2 bilang bid’ah,,biarpun tdk di tuntunkan oleh kanjeng nabi,tp selama itu baik dan bisa makin dekat kita dengan allah,knp tidak?,bukankh malah bagus,semakin kita sering baca surah maryam/yusuf..,kita bisa hafal surah2 al Quran,al Quran adalah rahmat,mungkn anda yg perlu koreksi diri,sudah benarkah anda melarang kami untk mengamalkan al Quran.apa fungsi al Quran di turunkan lw bukan untk kita amalkan?,biar pun ini bid’ah,ini adalah bid’ah yg baik.

     
  20. jono

    Mei 9, 2014 at 12:42 pm

    yang jawab itu orang kafir…..

     
  21. Nurcahyo

    September 20, 2014 at 3:10 pm

    Astaqfirulloh 3x. Sunatulloh dalam ilmu genetika, bahwa fisik anak akan mirip ayah atau ibunya, kalautoh agak jauh mirip kakek / nenek. Permintaan ibu/ayah agar fisik anaknya mirip idolannya (tetangganya, artis, supermen, arjuna dll) bertentangan dengan sunatulloh, kecuali sebagai idolanya adalah sang suami. Orang yg punya anak lebih mirip kakak/adik kandung suami saja, meskipun ganteng/cantik, suami akan pusing sampai matek, apalagi mirip tetangganya.
    Dengan melakukan kewajiban dan sunat sunat yg jelas dituntunkan Nabi SAW (yg jelas sunatnya saja masih banyak yg tertinggal). dan berdoa agar Alloh mengaruniai anak yg sehat, normal dan semoga jadi anak yang sholeh sholihah, bertaqwa dan beraklaq mulia sudah sangat top markotop. Wallahu a’lam bish showab.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: