RSS

Menyimpan Jimat Dan Rajah Pemberian Dari Kyai

28 Agu

Tanya:

Apakah boleh menyimpan jimat atau rajah yang diberikan oleh kyai?

Jawab:

Jimat atau rajah termasuk syirik, sehingga janganlah benda tersebut disimpan, karena kalau disimpan sekalipun kini orang tersebut tidak meyakininya lagi namun bisa jadi pada saat-saat ia dalam kesulitan setan akan membisikkan kepadanya untuk mencoba kembali keampuhan jimat pemberian kyai tersebut, dengan begitu ia akan terjeremab kedalam kesyirikan lagi. Atau ia memang tidak menggunakannya, namun lantaran tidak dimusnahkan bisa jadi anak cucunya akan menggunakannya untuk kepentingan-kepentingan yang berujung kepada kesyirikan.

Oleh karenanya hendaklah jimat-jimat tersebut segera dimusnahkan agar tidak menjadi wasilah (sarana) terjadinya kesyirikan.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah memerintahkan seorang laki-laki yang memakai sebuah gelang yang diyakininya bisa menghilangkan penyakit agar membuang gelang tersebut dan mengancam sekiranya ia meninggal dunia sementara gelang tersebut masih melekat dalam dirinya dia tidak akan beruntung selamanya, maksudnya dia akan dimasukkan ke dalam Neraka.

Hal ini disebutkan dalam riwayat berikut:

عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبْصَرَ عَلَى عَضُدِ رَجُلٍ حَلْقَةً أُرَاهُ قَالَ مِنْ صُفْرٍ فَقَالَ وَيْحَكَ مَا هَذِهِ قَالَ مِنَ الْوَاهِنَةِ قَالَ أَمَا إِنَّهَا لَا تَزِيدُكَ إِلَّا وَهْنًا انْبِذْهَا عَنْكَ فَإِنَّكَ لَوْ مِتَّ وَهِيَ عَلَيْكَ مَا أَفْلَحْتَ أَبَدًا

“Dari Imran bin Hushain bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat sebuah gelang terbuat dari kuningan yang dikenakan oleh seorang laki-laki dilengannya. Lalu beliau bersabda: “Celakalah engkau, benda apa ini?” Ia (laki-laki) tersebut menjawab: “Untuk tolak bala.” Beliau bersabda: “Sesungguhnya benda itu hanya membuatmu menjadi semakin lemah, lepaskanlah ia darimu karena sesungguhnya seandainya engkau meninggal dunia sementara benda itu masih ada padamu maka engkau tidak akan beruntung selamanya.” (HR. Ahmad No 19498)

Adapun dalil lain tentang syiriknya mengunakan jimat yang digantungkan ditubuh seseorang adalah:

عَنْ عُقْبَةَ ابْنِ عَامِرٍ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ تَعَلَّقَ تَمِيمَةً فَلَا أَتَمَّ اللَّهُ لَهُ

“Dari Uqbah bin Amir ia berkata: “Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang menggantungkan jimat maka Allah tidak akan mengabulkan permohonannnta.” (HR. Ahmad No 16951)

Dalam hadits lain Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

مَنْ عَلَّقَ تَمِيمَةً فَقَدْ أَشْرَكَ

“Barangsiapa yang menggantungkan jimat sungguh ia telah melakukan kesyirikan.” (HR. Ahmad No 16969)

Wallahu A’lam Bish Showab.

 
5 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 28, 2009 in Tauhid

 

5 responses to “Menyimpan Jimat Dan Rajah Pemberian Dari Kyai

  1. Jams

    September 2, 2009 at 10:25 am

    Mau tanya bang…klo skrng kan musim gelang magnet yg ktnya untuk memperlancarkan darah dan meminimalkan penyakit. Nah gimana tuh hukumnya??

     
  2. MD Faisal

    November 19, 2009 at 2:43 am

    @ atas, saya rasa ndak apa2 selama ada bukti ilmiah yang membuktikan kalau dpt memperlancar darah. kalau gak ada bukti ilmiahnya, buat apa toh? wong harganya muahal2.

     
  3. anwar nuris

    Agustus 14, 2010 at 7:41 pm

    selama ini,rajjah sering diaggp sma dg jimat.pdhl dlm realitas di masy.,jimat jelas berbeda dg rajjah.jimat sering di smpn di sbuk ato dmpet.smntara rajjah adl tulisn2 arb ygj dbuat sdemikian rupa yg di tliskn pda aggota bdan sprt halnya body painting.yg sy tanykn,bgm kh hukm rajjh yg demikian bila di tinjau dr segi syariat,fiqh dn hakikt?.thanx

     
  4. By berthyy primba on

    Juli 4, 2014 at 11:03 am

    pak ustad/kyai,,saya mau nanya,,waktu itu saya menelan bacaan alquran tapi di tulis sama orang dengan pulpen katanya supaya bisa melindung diri,,yang saya pengen tau hukumnya apa.

     
  5. By berthyy primba on

    Juli 4, 2014 at 11:06 am

    pak ustad/kyai,,saya mau nanya,,waktu itu saya menelan bacaan alquran tapi di tulis sama orang dengan pulpen katanya supaya bisa melindung diri kita,,yang saya pengen tau hukumnya apa.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: