RSS

Cara Membagi Zakat Fithrah

20 Agu

Tanya:

Bagaimana cara membagi zakat fitrah kalau mustahiq ada hanya ada lima ashnaf, bolehkah sisanya dikembalikan ke baitul mal?

Jawab:

Ibnu Rusyd Al Andalusy dalam kitab Bidayatul Mujtahid menyatakan bahwa para ulama sepakat zakat fithrah diberikan kepada orang-orang muslim yang fakir. (Al Bidayah 3/141) dan boleh diberikan kepada orang fakir yang berada diluar wilayahnya seandainya sudah tidak ada lagi orang fakir yang ada diwilayahnya.

Jadi mustahiq zakat fitrah tidak seperti mustahiq zakat mal yang berjumlah delapan ashnaf. Mustahiq zakat fitrah adalah orang-orang fakir miskin. Hal ini didasarkan pada riwayat yang shahih dari Abdullah bin Abbas t sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Abu Daud dalam Sunannya :

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ مَنْ أَدَّاهَا قَبْلَ الصَّلَاةِ فَهِيَ زَكَاةٌ مَقْبُولَةٌ وَمَنْ أَدَّاهَا بَعْدَ الصَّلَاةِ فَهِيَ صَدَقَةٌ مِنَ الصَّدَقَاتِ

“Dari Ibnu Abbas ia berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam mewajibkan zakat fithrah urituk membersihkan orang yang berpuasa dari perkataan yang sia-sia dan perbuatan yang tidak terpuji serta untuk memberi makan kepada orang-orang miskin. Barangsiapa membayarkannya sebelum sholat maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang membayarkannya setelah sholat maka itu hanya bernilai sedekah saja.” (HR. Abu Daud No 1371 dan Ibnu Majah No 1831 dan dihasankan oleh Syeikh Albani dalam Irwaul Ghalil No 834)

Dalam hadits diatas terdapat petunjuk yang jelas bahwa zakat fitrah itu diberikan kepada orang-orang miskin, tidak kepada ashnaf- ashnaf lain sebagaimana zakat mal. Namun sekiranya ada kemaslahatan lain maka boleh dialokasikan kepada salah satu atau beberapa golongan lainnya yang berhak menerima zakat, setelah fakir miskin mendapatkan hak dan bagian mereka. (Lihat Az-Zakat : 129 dan Minhajul Muslim : 383)

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 20, 2009 in Fiqih, zakat

 

4 responses to “Cara Membagi Zakat Fithrah

  1. sumarna

    September 9, 2009 at 11:44 am

    Bagaimana cara membagikan zakat fitrah? misalnya yang miskin ada 50 orang, fisabilillah 15 orng dan amil 10 orang sdangkan zakat yang diperolh 500 kg.
    bgm membaginya ? dibagi rata atau bagaimana

     
  2. Muslih

    September 6, 2010 at 12:49 am

    yup, cara pembagiannya dengan dibagi rata, artinya 500kg dibagikan kepada 75 orang sehingga masing2 dapat sekitar 6,5kg.

     
    • faruk apriliansyah

      Juni 20, 2016 at 8:56 pm

      Tolong sebutkan dasarnya,masalahnya di tempat saya ada perbedaan soal pembagian zakat fitrah gan…

       
  3. Muslih

    September 6, 2010 at 12:56 am

    itu yang dimaksud dengan Al Ilmu Dhoruri ai Ma’luman minaddin bidhoruroh (Penggunaan Nalar Manusiawi untuk memenuhi rasa keadilan dan tidak mengundang kecemburuan sosial.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: