RSS

Cara Menghapus Dosa Zina Tangan, Mata, Dll

14 Sep

Tanya:
Bagaimana caranya menghapus dosa-dosa seperti zina tangan, mata, kaki dan pendengaran? (085269438XXX)

Jawab:
Dosa-dosa yang dilakukan oleh seorang hamba betapaun besar dan banyaknya dapat dihapuskan oleh Allah Ta’ala jika orang tersebut bertaubat dengan tulus kepada Allah Ta’ala.

Hal ini sebagaimana difirmankan Allah Ta’ala dalam AL Qur’an:

وَاسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ إِنَّ رَبِّي رَحِيمٌ وَدُودٌ

“Dan beristighfarlah kalian kepada Rabb kalian kemudain bertaubatlah kalian kepada-Nya, sesungguhnya Rabb-ku Maha Mengasihi Lagi Maha Menyayangi.” (Surat Hud : 90)

Juga disebutkan dalam ayat lain:

وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَا الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Dan bertaubatlah kalian semua kepada Allah wahai orang-orang yang beriman agar kalian beruntung.” (Surat An Nuur : 31)

Adapun dalil dari hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam yang menyebutkan bahwa Allah Ta’ala akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya seberapun banyaknya adalah seperti dalam hadits qudsi yang disebutkan berikut ini :

يَا ابْنَ آدَمَ ! إِنَّكَ مَا دَعَوْتَنِي وَ رَجَوْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَا كَانَ مِنْكَ وَ لَا أُبَالِي يَا ابْنَ آدَمَ ! لَوْ بَلَغَتْ ذُنُوْبُكَ عَنَانَ السَّمَاءِ ثُمَّ اسْتَغْفَرْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ وَ لاَ أُبَالِي يَا ابْنَ آدَمَ ! لَوْ أَنَّكَ أَتَيْتَنِي بِقُرَابِ الْأَرْضِ خَطَايَا ثُمَّ لَقِيْتَنِي لاَ تُشْرِكُ بِي شَيْئًا لَأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً  .

“Wahai Anak Adam, sesungguhnya selama engkau berdoa (memohon) dan berharap kepada-Ku, niscaya Aku akan mengampuni dosa-dosamu dan Aku tidak perduli (seberapa banyak dosamu). Wahai Anak Adam, seandainya dosa-dosamu banyak hingga mencapai langit yang tinggi kemudian engkau memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku akan mengampuni dosa-dosamu dan Aku tidak perduli (seberapa banyak dosamu). Wahai Anak Adam, seandainya engkau datang kepada-Ku dengan membawa dosa sepenuh bumi ini kemudian engkau menemui-Ku dalam keadaan tidak mensekutukan Aku dengan sesuatu apapun, niscaya Aku akan mendatangimu dengan membawa ampunan sepenuh bumi ini.” (HR Imam Suyuthi dalam Jami As-Shaghir, dan dihasankan oleh Syeikh Albani dalam Shahihul Jami’ No 4338)

Dan pertanda bahwa seseorang itu benar-benar bertaubat adalah dengan menyesali perbuatan dosanya, menghentikan dosa tersebut dan bertekad tidak akan mengulanginya dimasa yang akan datang. (Lihat kitab Uridu an Atuuba, syeikh Sholih Al Munajjid, edisi Indonesia Taubat, Jalan Pintas Menebus Dosa hal : 12).

Jadi kalau kita ingin bertaubat kepada Allah dari zina mata, tangan, kaki dan pendengaran adalah dengan menghentikan tindakan kemaksiatan yang dilakukan oleh organ-organ tubuh kita tersebut, kemudian beristighfar, memohon ampun kepada Allah atas semua kekhilafan kita selama ini. Lalu banyak-banyaklah beramal shalih dan menggunakan organ-organ tubuh tersebut untuk kebaikan dan hal-hal yang dicintai dan diridhai Allah Ta’ala. Dengan demikian mudah-mudahan dosa-dosa kita akan diampuni oleh Allah Ta’ala sebagaimana dijanjikan dalam al Qur’an dan hadits qudsi di atas. Wallahu A’lam Bis Showab.

 
36 Komentar

Ditulis oleh pada September 14, 2008 in Uncategorized

 

36 responses to “Cara Menghapus Dosa Zina Tangan, Mata, Dll

  1. B1-6076 waqi

    Februari 3, 2009 at 11:47 am

    bagus

     
    • suntoro

      Oktober 17, 2009 at 1:10 pm

      Foto anti membuatku berzina-mata & hati

       
  2. fadhlullah

    Juni 24, 2009 at 12:49 pm

    saya sebenarnya mau nanya , apa dosa orang yang nonton video porno harus di cambuk juga ? apa bisa diampuni ,padahal pernah taubat tapi diulangi lagi ?

    mohon jgn dikirim ke alamat tmpat tinggal
    mohon dikirim via e-mail
    thanks

     
    • Tiwi

      Agustus 26, 2009 at 1:12 pm

      Kalo menurut ane,tak perlu dengan hukum cambuk.tiwi punya tips ni.1. Banyak2 berzikir
      2. Buang benda2 yang berbau porno,misal,majalah,vcd.
      3. Cari teman yang bisa meningkatkan iman antum.
      4. Tetap berpikir positif
      5. Beri hukuman jika kmu mengulanginya.
      Masi banyak lagi tips yang lain.tapi,mudah2an ke 5 tips itu bsa brmanfaat.selamat mencoba.

       
      • z

        Desember 1, 2009 at 4:19 pm

        kalo hukuman tu nak buat cam mane ye ?? ^^

         
  3. azzamwobar

    Juli 30, 2009 at 9:41 pm

    assalamualaikum..sukron sebelum atas semua artikel yang sangat membawa pencerahan yang luar biasa…..ustad..kalau nggak keberatan..bagaimana posisi kita sebagai orang bujang muslim dalam menunggu jodoh..??

     
  4. dan

    Agustus 1, 2009 at 7:14 pm

    tolong jawaban no2 di kirim ke email saya, trims

     
  5. santi

    Agustus 21, 2009 at 11:03 am

    assalamu’alaikum wr.wb.
    pak ustad saya mau tanya selain zina mata, kaki dan pendengaran ada zina kemaluan. jika seseorang melakukannya dan bertaubat, apakah taubat itu akan diterima oleh allah?
    Dan jika dari hasil zina tersebut melahirkan seorang anak, apakah hukumnya? Dan jika yg melakukan zina tersebut menikah hukumnya bagaimana?
    Sukron

     
    • hamba allah

      Maret 19, 2011 at 7:49 pm

      Assalamu’alaikum Wr.Wb.
      pak ustad……bagaman cara untuk meminta maaf kepada allah,karena telah melakukan zina?bagaimana caranya agar kita tidak terjerumus lagi dalam zina tersbt?

       
  6. Hamba ALLAH

    Agustus 21, 2009 at 11:05 am

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Pak Ustad jawaban no.2 dikirim ke email aja yah, sukron

     
  7. fadhlullah

    Agustus 24, 2009 at 2:47 pm

    Assalamu ‘alaikum Ustadz …

    Maaf,saya mau nanya…
    bgmn hukumnya jika…
    pd awalnya kita prgi dg Niat yg baik,
    tpi ktika kita sdh mnghadapinya…kita malah trjerumus ke dlmnya (misalnya saja file porno)
    mksudx bgini …
    kita mlihat2 file utk dihapus jika kita mnemukan yg “berbau” Zina …
    ttapi ktika kita mnemukanx,kita justru terjerumus ke dlmnya
    (ktika kita memeriksa file,tentulah kita melihat file itu)
    (saya bermaksud mengHapus file itu,ttapi saya terjerumus ke dlmnya)
    itu gmn caranya…???
    apalagi ini Ramadhan …
    apakah saya harus mengganti puasa saya pd saat Ramadhan usai ???

    tlg pesan ini di hapus …
    Syukron

     
  8. Atmadja Indra Vuttion

    Agustus 24, 2009 at 9:29 pm

    Yah dihapus aja. kalau iman tegar, pasti hati ini bisa konsistenn terhadap tujuan baik tadi..

     
  9. habibi

    September 20, 2009 at 9:01 pm

    Assalamu’alaikum
    bagaimana ya cara membuat hati ini sangat bersih…
    termasuk dari pikiran kotor zina…
    padahal saya suda berniat sunggu2,,tp benih2 kecil masih terrasakan..?

     
    • dede

      Juni 14, 2011 at 12:59 am

      nikah mungkin jalan yg trbaik…

       
  10. rully

    September 22, 2009 at 11:11 pm

    ass pak ustadz saya ingin bertanya bagaimana hukumnya bila qta nikah diluar nikah???dan bagaimana caranya menghapus dosa2nya.apakah sah nikah dan salatnya??tolong dibalas ke emailqu

     
  11. Hamba allah

    Desember 27, 2009 at 8:04 am

    assalamuhalaikum….

    sye penah bertaubat sbyk 10kali…

    tetapi sye ulangi lagi…

    bley sye tahu… adakah akan diterima lgi pintu bertaubat sye…

     
  12. reza

    Januari 10, 2010 at 4:42 pm

    bagaimanakah cara kita menghapus dosa zina?????
    mohon bantuannya>>>>>
    thaks sebelumnya

     
  13. reza

    Januari 10, 2010 at 4:43 pm

    seberapa besarkah dosa zina

     
  14. Aspahani

    Januari 30, 2010 at 10:26 am

    Assalamu`alaikum War Wab
    Ustadz mau nanya nech. Bagaimana kalau kita pernah berbuat zhalim dengan seseorang yang sudah meninggal dunia, gimana cara tobatnya. Trim`s

     
  15. ahmad

    April 19, 2010 at 8:33 am

    Saya malu pada diri saya…. saya telah melakukan zina.. tetapi saya ingin bertaubat dan saya tidak akan mengulanginya… Apakah caranya untuk menjauhkan diri dari melakukannya dan mendapatkan taubat nasuha??!

     
  16. Ms.V

    Juni 11, 2010 at 3:34 pm

    Saya malu sebagai wanita, selama saya pacaran saya tidak pernah melakukan dosa zina. Tapi ketika bertemu dan berpacaran dg pacar saya yg sekarang, saya sering melakukan dosa tsb. Kami saling mencintai dan berniat untuk menikah, tapi pasangan saya belum punya pegangan hidup (masih kuliah). Apa ketika kami sudah menikah nanti, dosa zina itu belum bisa dihapus? Bagaimana cara menghapusnya? Thanks

     
    • requaza

      Juni 13, 2010 at 9:01 pm

      wahai wanita, anda harus tau dan sadar keberadaan dan posisi andalah yg menentukan zina itu trjadi atau tidak. saran saya anda harus mencoba benar2 menghindari pacar anda itu, anda harus muhasabah diri bahwa adanya balasan neraka ats prbuatan itu… dan pikirkan bahwa anda sudah berada di ujung jurang neraka, maka cepat2lah bartaubat.. Allah maha luas ampunannya.

       
  17. adzha

    Juni 12, 2010 at 1:48 am

    mcm mna caranya kita mahu hindar nafsu dlm diri kita??
    adakah..sekadar mmbaca al quran..salat….berzikir…atau ada lg cara lain untuk menghapusnya

     
  18. cah koplak

    Agustus 7, 2010 at 10:11 am

    titip salam ke pada teman te
    man yang berdosa “kalian harus cepat bertobat , sebelum mati”

     
  19. dwi

    September 14, 2010 at 2:54 pm

    assalamu’alaikum ustadz…
    saya benar2 mnta tolong sekali…. mungkin sdah belasan tahun (kalo bleh jujur sejak smp smpe skrg) saya sdah mlakukan zina tangan..
    saya tahu, bahwa pbuatan itu salah.. saya juga tahu bahwa setiap melakukan hal tsb, saya merasa sngat bersalah dan berdosa dan saya tahu bahwa saya tdak mdapatkan kbhagiaan apapun dari hal ini…
    tapi selalu saja dorongan hwa nafsu,, menjerumuskan saya berkali2, pernah beberapa bulan sdah tdak mlakukan hal tsb.. tapi sy tergoda dan tergoda lagi…
    tolong sebutkan langkah konkret apa yang harus saya lakukan…
    saya benar-benar merasa mnjadi orang yg munafik,,, saya benar-benar minta pertolongan ustadz untuk mberikan sekedar nasehat dan juga doa agar saya bisa istiaqomah tidak melakukanperbuatan yang hina ini…

    tolong balas di email saya… Jzk…

     
  20. supy

    Januari 21, 2011 at 7:16 pm

    Ass
    Pak Ustat saya mau nanya…saya sebenar nya sdah besariat islam ..di sariat islam itu ad pantangan nya kata guru saya yaitu tidak boleh berjudi,mabok2kan,dan berzina..
    saya wajib sembahyang 5 waktu…
    tpi saya melakukan martubasi dengan tangan..yang saya tanya apa itu termasuk dalam berzina???
    tolong di balas ke imei saya ..terima kasih banyak.

     
  21. hamba allah

    Maret 19, 2011 at 8:03 pm

    Assalamualaikum
    pak ustad,bagaimana cara untuk menghapus dosa zina?apakah allah akan memaafkan hambanya yang mau bertaubat?zika saya telah melakukan zina farji..bagaimana hukumnya?apakah saya harus menikahinya kelak nanti,bukan dngn wanita lain?saya sangat menyayanginya.tolong dbls bpk.mohon dibalas di email saya.wsslm.

     
  22. Girly Ramadhany

    Maret 23, 2011 at 2:15 pm

    Ass….
    ustadz, mau tanya bagaimana cara menghapus dan menghindari zina farji?? karena sudah berkali2 saya dan pacar saya melakukannya tapi kmi melakukannya tdk pernah sampai masuk hanya menggesekkan diluar saja sempat oral jg,,tiap kali setelah melakukannya kami sgt menyesal dan ada niat utk tdk seperti itu lagi tapi tdk pernah berhasil. kami bingung cari solusinya pengen segera menikah tapi kami blm siap secara lahir..
    mohon jawabannyanya dikirim lewat email saya saja, terimakasih sebelumnya dan sy berharap ats jawaban ustadz segera untuk mengakhiri gundah galau sy:(

     
  23. silvi

    Maret 23, 2011 at 7:27 pm

    kalau dosa onani di ampunin gak?????

     
  24. Ahmad

    Mei 18, 2011 at 3:24 pm

    Assalamualaikum,pak.

    saya mau nanya nih,apakah kita mendapat dosa apabila melihat gambar kartun yang telanjang,misalnya?

    tolong jawabannya dikirim ke e-mail saya,bila bapak tidak sibuk.
    -wassalam

     
  25. hmba pnuh dosa

    Agustus 19, 2011 at 9:30 am

    Asslmkm Pak Ustadz, sy pnah pgang Maaf (Kmaluan n dada) pcr sy, bgt jg sbliknya. Saya dhantui rasa tkt n sy ingn sgera bhenti tp it sulit n trus trjadi lg. Brikn sy jalan n solusi. trims . . tlg blsnya lwt email aj. Asslmkm.

     
  26. BOY

    Desember 20, 2014 at 9:26 pm

    gw thn 2001 pernah zinah. gw sdh bertaubat dan gk pernah zinah lg. tp kok hdup gw sampai skrng ancur. gw tiap hari marah marah, gelisah, cemas dll. gw gampang sakit. gw juga sangat sulit dpt jodoh dan rejeki. gw sering dijahati org. pokok nya masa dpan suram. gw dulu zinah krn terpaksa, krn frustasi sering ditolak cewek, krja sering dimutasi krn dianggap gk mampu. tapi teman gw pernah zina, tp hdup dia enak punya bnyk mobil, rumah, motor, isteri cntik dll.

     
  27. BOY

    Desember 20, 2014 at 9:29 pm

    kalau zinah mata dan tangan gw blm mampu berhenti krn kdng kalau lg bete gw suka nonton video porno dan onani. utk membuang rasa bete dan kalut.

     
  28. BOY

    Desember 20, 2014 at 9:31 pm

    gw pngn cpt nikah utk menghilangkan kebiasaan buruk itu. tp alloh berkehendak lain. alloh ingin gw berhenti melakukan kebiasaan buruk itu, kmdian alloh akan memberi jodoh kpd gw.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: