RSS

Menghadiri Pernikahan Wanita Yang Hamil

12 Sep

Tanya:
Boleh tidak menghadiri pernikahan jika sang wanita telah hamil? (08197999XXX)

Jawab:
Perempuan yang hamil, baik hamil karena pernikahan sah, syubhat atau karena zina, ‘iddahnya adalah sampai melahirkan. Dan para ‘ulama sepakat bahwa akad nikah pada masa ‘iddah adalah akad yang batil lagi tidak sah. Dan kalau keduanya tetap melakukan akad nikah dan melakukan hubungan suami-istri setelah keduanya tahu haramnya melakukan akad pada masa ‘iddah maka keduanya dianggap pezina dan keduanya harus diberi hadd (hukuman) sebagai pezina kalau negara mereka menerapkan hukum Islam, demikian keterangan Imam Ibnu Qudamah dalam Al-Mughny 11/242.

Oleh karenanya kita tidak boleh menghadiri pernikahan jika kita telah mengetahui bahwa sang mempelai wanitanya dalam keadaan hamil, karena kalau kita menghadirinya berarti kita ikut merestui dan membenarkan akad yang oleh para ulama dihukumi batil dan tidak sah. Dan secara disadari atau tidak berarti kita juga telah melegalisir perzinahaan antara kedua mempelai tersebut, karena kalau setelah akad yang tidak sah itu kemudian mereka melakukan hubungan suami istri, berarti mereka telah berbuat zina, lantaran menggauli yang bukan suami atau istrinya yang sah. Wallahu a’lam bish showab.

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada September 12, 2008 in Fiqih

 

Tag:

3 responses to “Menghadiri Pernikahan Wanita Yang Hamil

  1. Fitri

    Mei 27, 2011 at 8:07 pm

    Terima kasih informasinya. Namun bila hamilnya si wanita karena si “mempelai laki2″nya itu sendiri, lantas bagaimana? Apakah hukumnya tetap sama?

     
    • didin

      Januari 16, 2014 at 12:04 pm

      ya donk sama ga sah..

       
  2. abu ahmad

    Juli 22, 2014 at 11:21 pm

    kalau misalkan zina tidak hamil lalu nikah sedangkan kita tahu pernikahan dimulai dengan perzinaan boleh nggak kita menghadiri acara pernikahan tadi?

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: