RSS

Zakat Harta Warisan

11 Sep

Tanya:
Apa perlu di zakati harta benda yang kami terima dari warisan ? (Rina, Srengsem)

Jawab:
Harta yang didapat dari warisan adalah menjadi miliknya. Oleh karena itu jika harta yang telah ia peroleh tersebut telah sampai satu nishab dan telah genap setahun berada ditangan anda, maka anda wajib mengeluarkan 2,5 % dari harta tersebut. Wallahu a’lam.

 
5 Komentar

Ditulis oleh pada September 11, 2008 in Uncategorized

 

Tag: ,

5 responses to “Zakat Harta Warisan

  1. midkhol

    Juni 1, 2009 at 10:32 am

    ust.
    bagaimana kalo harta tirkah yang diwariskan dan sudah menjadi milik ahli waris itu berupa sawah yang menghasilkan satu nishob lebih. beukankah tarif zakatnya 5 s/d 10 %.
    harta dikenai zakat bukan karena warisan tetapi kerna telah mencapai haul dan nishob. mhn maaf. wallohu A’lam

     
  2. Alia

    Juni 24, 2009 at 12:42 pm

    maaf tapi saya pernah dapat referensi yang mengatakan bahwa zakat atas warisan sama dengan zakat atas hadiah karena tidak dihasilkand ari jerih payah sendiri dan itu kena 20%. Afwan kalau saya salah…

     
  3. ahmad zen

    Februari 9, 2010 at 3:54 pm

    Pada dasarnya, pewajiban zakat pada harta warisan tidak pernah ditemukan dalil-dalil nya dari hadits-hadits Rosulullah ataupun dari keterangan para sahabat, untuk itu tidak ada yang disebut dengan zakat warisan. Tetapi biasanya warisan yang diterima adalah dalam bentuk harta, dan inilah sebenarnya yang dimaksud dengan warisan yang harus dikeluarkan zakatnya, yaitu harta dari warisan tersebut. Itupun harta warisan tersebut harus dibagikan terlebih dahulu kepada para ahli warisnya, setelah itu dilihat juga apakah harta tersebut sudah memenuhi syarat-syarat harta wajib zakat setelah dipegang oleh ahli warisnya, seperti nishab dan haul, atau tidak. jika sudah memenuhi, maka harta warisan tersebut wajib dikeluarkan zakatnya, jika belum memenuhi, maka harta warisan tersebut tidak wajib zakat.

    Adapun sistem perhitungannya adalah sama dengan zakat emas apabila harta warisan tersebut dalam bentuk emas, uang simpanan dibank, ataupun dalam bentuk simpanan lainnya. Jika harta warisan yang diterima tersebut dalam bentuk perusahaan perdagangan, maka zakat yang dikeluarkan adalah sama dengan zakat perdagangan. Begitupun jika harta warisan tersebut dalam bentuk pertanian, maka zakat yang dikeluarkannya pun sama dengan zakat pertanian. Pengeluaran zakat dari harta warisan digabungkan dengan harta lain yang akan dikeluarkan zakatnya.

     
  4. verdi suryana

    Januari 14, 2011 at 2:55 pm

    kalau warisan zakt/nya ngokosi sauadara yang tdk mampu naik haji bagaimana

     
  5. rayanardi

    Juli 19, 2011 at 1:31 pm

    maaf dalil-dalilnya mohon dilampirkan

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: