RSS

Keutamaan Shaf Yang Terdepan

01 Agu

Tanya :

Tolong jelaskan keutamaan shaf yang terdepan bagian kanan beserta dalil dalilnya? (Teguh, Sukarame)

Jawab :

Diantara hadits-hadits tentang keutamaan sholat pada shaf yang terdepan terlebih lagi bagian sebelah kanan adalah sebagai berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ
قَالَ لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِي النِّدَاءِ وَالصَّفِّ الْأَوَّلِ ثُمَّ لَمْ يَجِدُوا إِلَّا أَنْ يَسْتَهِمُوا عَلَيْهِ لَاسْتَهَمُوا

“Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda: “Sekiranya orang-orang mengetahui (Keutamaan) mengumandangkan azan dan shaf yang pertama, kemudian mereka tidak mendapatkannya kecuali harus dengan mengundi, niscaya mereka akan melakukan undian (untuk mendapat-kannya).” (HR. Bukhari No 615)

عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ
يَقُولُ إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الصُّفُوفِ الْأُوَلِ

“Dari Bara bin Azib radhiallahu ‘anhu ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda: “Sesungguhnya Allah dan para malaikatnya bersholawat kepada (orang-orang yang sholat) di shof-shof yang pertama.” (HR. Abu Daud No 664)

Dalam hadits ini disebutkan bahwa sesungguhnya Allah ta’ala dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang sholat pada shaf-shaf yang pertama, baik shaf itu berada disebelah kanan imam maupun disebelah kirinya. Jadi, yang jelas bagi orang orang yang berada dalam shaf yang pertama maka ia akan mendapatkan shalawat dari Allah ta’ala dan para malaikat-Nya.

Adapun dalil tentang keutamaan shaf yang sebelah kanan adalah:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى مَيَامِنِ الصُّفُوفِ

“Dari Aisyah ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat kepada (Orang-orang yang sholat) di shaf-shaf yang sebelah kanan.” (HR. Abu Daud No 676)

Dalam hadits ini disebutkan bahwa Allah ta’ala dan para malaikat­Nya bershalawat kepada orang-orang yang berada di shaf-shaf yang sebelah kanan. Hadits ini maknanya bersifat umum, mencakup seluruh shaf yang sebelah kanan imam, baik shaf pertama, kedua dan seterusnya. Mereka memperoleh keutamaan yaitu akan mendapatkan shalawat dari Allah ta’ala dan para malaikat-Nya.

Adapun shalawat dari Allah ta’ala bermakna pujian dari-Nya, sedangkan shalawat dari para malaikat berarti permohonan ampun mereka kepada Allah ta’ala. Wallahu Ta’ala a’lam bish showab. (Lihat kitab Ahammiyatu Shalatil Jamaah, Syeikh Fadl Ilahi : 20-25).

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 1, 2008 in Uncategorized

 

2 responses to “Keutamaan Shaf Yang Terdepan

  1. tingkir

    Januari 25, 2010 at 8:47 am

    o,gitu ya

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: