RSS

Puasa Daud dan Caranya

11 Sep

Tanya:
Bagaimana Cara Puasa Daud?

Jawab:
Puasa Daud adalah puasa sunnah yang dikerjakan selang sehari. Misalnya hari ini puasa lalu besok tidak, kemudian lusa puasa dan besoknya tidak, demikian seterusnya.
Puasa ini pada asalnya adalah puasa yang dilakukan oleh Nabi Daud alaihissalam . Namun kemudian ditetapkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam  sebagai bentuk puasa sunnah yang paling afdhal, sebagaimana yang disabdakan beliau shallallahu ‘alaihi wasallam kepada Abdullah bin Amru radhiallahu ‘anhu tatkala ia merasa mampu untuk melakukan sehari berpuasa dan dua hari berbuka sebagaimana yang di perintahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kepadanya :

فَصُمْ يَوْمًا وَأَفْطِرْ يَوْمًا فَذَلِكَ صِيَامُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَام وَهُوَ أَفْضَلُ الصِّيَامِ فَقُلْتُ إِنِّي أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ فَقَالَ النَّبِيُّ
لَا أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ

“Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah (yang dinamakan) puasa Daud ‘alaihissalam dan ini adalah puasa yang paling afdhal. Lalu aku (Abdullah bin Amru radhialahu ‘anhu} berkata sesungguhnya aku mampu untuk puasa lebih dari itu, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Tidak ada puasa yang lebih afdhal dari itu. ” (HR. Bukhari No : 1840)
Demikian pula dalam hadits riwayat Tirmidzi:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ
أَفْضَلُ الصَّوْمِ صَوْمُ أَخِي دَاوُدَ كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

“Dari Abdullah bin Amru ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Puasa yang paling afdhal adalah puasa saudaraku Daud, beliau sehari berpuasa dan sehari berbuka. ” (HR. Tirmidzi No 701)

 
83 Komentar

Posted by pada September 11, 2008 in Fiqih, puasa

 

Tag:

83 responses to “Puasa Daud dan Caranya

  1. wulandari

    Februari 10, 2009 at 11:09 am

    Assalamualaikum Moderator

    Saya seorang muslimah yg suka melakukan puasa sunnah.Setelah membaca keutamaan puasa sunnah serta melaksanakan puasa Senin-Kamis saya memutuskan mencoba puasa Daud (sehari puasa sehari berbuka) yg alhamdullilah sejak 3 bulan lalu hingga saat ini tetap saya laksanakan (kecuali saat dtg bulan dan hari raya islam).
    karena saya pernah membaca Hadist Nabi bahwa puasa yg utama selain puasa wajib saat bulan Ramadhan adalah puasa Daud.Akan tetapi belakangan ini saya baru membaca dibeberapa hadist Nabi menyatakan adanya larangan berpuasa tunggal pada hari Jum’at dan Sabtu (kecuali sehari sebelumnya atau setelahnya dilanjutkan dg puasa lagi)
    Wah..setelah baca hadist itu saya jadi bingung dikarenakan saat melaksanakan puasa Daud seringkali satu hari puasa jatuh pd hari Jum’at atau Sabtu,sedangkan sehari sebelum dan sesudah hari2 yg dilarang tersebut saya berbuka.Lalu apa yg harus saya lakukan saat puasa Daud jatuh tepat pd hari2 yg dilarang tsb?tetap melanjutkan atau lebih baik tdk berpuasa?
    Adakah hadist lengkap mengenai puasa Daud serta hukum2 & syarat pelaksanaannya?Mohon penjelasannya. Jazakumullah.

    Wulandari – Tangerang

     
    • GerGer

      Mei 29, 2010 at 5:12 pm

      Assalamu ”alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

      Sebenarnya para ulama tidak mengatakan bahwa pengkhususan puasa sunnah di hari Jumat sebagai puasa yang haram. Para ulama lebih tepatnya mengatakan makruh, bukan haram.

      Yang dimakruhkan dalam puasa di hari Jumat adalah pengkhususan hari itu untuk puasa sunnah. Dan itupun bila tanpa dibarengi atau diiringi dengan rangkaian puasa lainnya.

      Tapi kalau ada barengannya, misalnya hari Kamis atau hari Sabtu, juga dilakukan puasa sunnah, maka tidak dikatakan bahwa hari Jumat itu ”sendirian”. Karena ada barengannya.

      Dan menurut hemat kami, ketika seseorang menjalani puasa sunnah sebagaimana puasa Nabi Daud ”alaihissalam, maka ketika puasa itu jatuh di hari Jumat, juga tidak bisa dikatakan puasa sunnah di hari Jumat sendirian.

      Dan demikian juga ketika seseorang bernadzar untuk puasa satu hari keesokan harinya apabila pada hari itu mendapatkan apa yang dicita-citakan. Misalnya seseorang bernadzar begini, “Kalau suatu hari saya diterima jadi pegawai, maka keesokan harinya saya akan puasa sunnah satu hari.” Kalau kebetulan pengumuman kelulusannya di hari Kamis, mau tidak mau keesokan harinya harus puasa sehari, meski pun jatuhnya hari Jumat.

      Kok boleh?

      Boleh, karena niatnya bukan semata-mata mau mengkhususkan hari jumat untuk puasa sunnah. Sebenarnya larangan atau kemakruhan puasa khusus pada hari Jumat adalah bila seseorang secara sengaja berniat untuk mengkhususkan hari Jumat sebagai hari puasa sunnah.

      Dalil atas makruh atau haramnya puasa khusus di hari Jumat adalah sabda Rasulullah SAW berikut ini:

      Janganlah kalian khususkan hari Jum’at dengan berpuasa, dan tidaklah pula malamnya untuk ditegakkan (shalat)”. (HR Muslim, Kitabus Shiam Bab Makruhnya Puasa Khusus di Hari Jum’at 1144).

      Kalau kita baca fatwa Syeikh Al-”Utsaimin, di antara hikmah kenapa ada larangan pengkhususan hari Jum’at untuk berpuasa, ada beberapa hal:

      Pertama, hari Jum’atmerupakan salah satu hari raya dari tiga hari raya yang disyari’atkan. Dan sebagaimana kita ketahui bahwa di dalam Islam terdapat tiga hari raya: Hari raya Idul Fitri setelah Ramadhan, Hari Raya Idul Adhha, dan hari raya mingguan yaitu hari Jum’at.

      Kedua: Selain itu hari Jum’at adalah hari di mana sudah sepantasnya bagi seorang laki-laki mengedepankan shalat Jum’at pada hari itu, menyibukkan diri dengan doa, dan berdzikir karena hari Jum’at ini serupa dengan hari Arafah yang tidak disyaratkan bagi jama’ah haji untuk berpuasa pada hari Arafah itu. Hal ini karena dia sibuk dengan doa dan dzikir.

       
    • Sutjipto

      Desember 25, 2010 at 1:45 pm

      InsyaAlloh sudah kurang lebih 11 thn ini saya (masih mencoba)latihan puasa Daud (karena saya mulai puasa sekitar November 1999. dan menurut saya tidak ada masalah dengan hari Jum’at atau sabtu, karena memang niatnya puasa Daud, bukan puasa jum’at atau sabtu
      demikian sekedar tanggapan semoga dapat mencerahkan
      Wassalam

       
      • Rusdy

        Maret 22, 2011 at 9:51 am

        Subhanallah….Puasa Daud sdh 11 tahun ??? Subhanallaaah….kalo boleh sharing pengalaman2nya slama menjalani Puasa Daud selama 11 tahun.

        Wassalam

        Rusdy

         
  2. tahabibi

    Maret 6, 2009 at 9:21 am

    assalamualaikum

    untuk ukhti Wulandari.

    menurut hemat saya saat puasa daud boleh saja melaksanakan pada hari jum’at atau sabtu. karena memang sudah diniati puasa daud. namun lain jika anda tidak ada niat untuk puasa daud.
    mungkin itu yang bisa saya sampaikan. mungkin jika ada yg lebih mengetahui silahkan memberi ilmunya.

    jazakumullah

     
  3. widiharto

    Maret 20, 2009 at 9:37 am

    Saya puasa daud

     
  4. widiharto

    Maret 20, 2009 at 9:40 am

    Ass. Wr. Wbr.

    Saya puasa Daud, mulai Hari Senin, berarti Hari Kamis saya giliran tidak berpuasa. Apakah saya pada hari Kamis tersebut boleh puasa sunah Kamis. ( Maksudnya diambil Hari Kamis, sunahnya Nabi Muhhamad Senin-Kamis.)

    Wasalam.

     
    • Wahyu

      Oktober 8, 2009 at 3:32 pm

      jangan mencampur puasa yang satu dengan yang lain

       
      • Badria

        Juni 22, 2011 at 3:19 pm

        Mhecom…
        jadi kalau misalnya puasa syawal kn singkat waktunya, sedangkan kita ada hutang puasa dlm jlh contoh. 5 hr. jd mn dl yg di kerjakan. ganti ato puasa syawal. thank u.

         
  5. ani'

    Maret 25, 2009 at 1:48 pm

    assalamu’alaikum wr.wb.
    apakah puasa daud di seluruh penjuru dunia itu sama?
    saya sudah melaksanakan beberapa tahun terakhir ini ada teman saya yang mengatakan puasa daud semua orang di dunia ini bersamaan. apakah benar? syukron!!!

     
  6. Ira Gustina

    Maret 30, 2009 at 3:04 pm

    assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Saya seorang mahasiswi tingkat 3.ingin melaksanakan puasa Daud,tapi ada beberapa hal yang saya ingin ketahui, kalau sudah melaksanakan puasa Daud, apakah harus kontinu terus dilakukan?? maksudnya, boleh a suatu waktu tidak melaksanakan, dengan alasan aktiviitas yang padat atau karena ada acara-acara yang membuat diri memutuskan untuk tidak puasa Daud dulu pada hari tsb?? mohon dijawab, terimakasih. Wss

     
  7. nauzul ferry s.

    April 6, 2009 at 8:16 am

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    saya pingin menyalin silaturahmi dengan saudara-saudara saya yang menjalankan ibadah sunnah puasa Daud ini. semoga menjadi barokah & Ridlonya. amin.

    ferry,
    nauzulfs@yahoo.com
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

     
    • sri mardiyah

      Desember 27, 2009 at 5:55 am

      wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh
      ana pingin berta’ruf dgn antum untuk selalu mendoakan semoga antum bisa istiqomah mengamalkan puasa daut sampai ajal menjemput alhamdulillah ana udah amalin hampir 1 th lebih & alhamdulillah dimudahkan allah doain ya semoga allah tetap memberi kekuatan ana dlm menjalankan sunnahnya sampai akhir hayat dan bisa bermanfaat untuk dunia dan akherat amiin .

      sri mardiyah

      mardiyah_sri@yahoo.co.id
      sukron kasiiro sblmnya

       
    • GerGer

      Mei 29, 2010 at 5:16 pm

      Salam kenal, mungkin kita bisa sama2 belajar dan mengajar tentang puasa sunnah. Amien

       
    • GerGer

      Mei 29, 2010 at 5:18 pm

      Salam kenal, mungkin kita bisa sama2 belajar dan mengajar tentang puasa sunnah. Amien

      song_sung_ki@yahoo.com

       
    • Ali Gazalee

      September 4, 2013 at 3:41 pm

      Assalamualaikum , Mas Ferry tolong dikirim rek. BRI, biar saya transfer. trims
      Ahmad Gazali, Lombok

       
  8. Ridha ailia

    Mei 8, 2009 at 5:59 pm

    Assalamu’alaikum
    saya mo nanya: Tmn2 bilang kalau dllm puasa daud tu ada bacaan2nya yg khusus/do’a2 yg khusus….betul g’ sih?
    Kalau ridha sih puasa daudnya g’ pake bacaan apa2, boleh kan?

     
  9. emiier

    Mei 9, 2009 at 9:39 pm

    Assalamualaikum,
    bagaimana pelaksanaan puasa daud dan puasa senin-kamis. pasti kan ada hari saat puasa daud yang jatuh pada hari senin-kamis.

    sukron…

     
  10. rohma

    Mei 23, 2009 at 11:43 am

    NIAT BUASA DAUD ITU GIMANA SICH KAWAN

     
    • sholik

      Oktober 1, 2009 at 1:10 pm

      Puasa sunnah, tidak diniatkan pun boleh. Dalilnya, Nabi pernah pada suatu pagi
      menanyai istrinya, apakah ada makanan pagi ini. istrinya menjawab, bahwa tidak
      ada. Nabi mengatakan bahwa kalau begitu Nabi puasa hari ini. Kalau puasa wajib
      (atau mengganti), ya harus berniat dalam hati sebelumnya.

       
    • Badria

      Juni 22, 2011 at 3:22 pm

      Salah tho. wkwkwkwk……….. kawan pula pak ustadz n bu hj. tho…..

       
  11. aditya

    Juli 22, 2009 at 9:38 pm

    klo karena alasan inginmenghormati teman, saya membatal puasa daud pada hari kamis boleh kah saya melanjutkannya di hari jumat atau saya mulailagi di hari senin?

     
  12. HM.djefri

    Oktober 18, 2009 at 9:26 pm

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Saudaraku dan sahabat yang ku cintai bagi pengamal puasa Dawud puasa ini adalah puasa yang telah direkomendasi langsung oleh Rosululloh SAW dalam riwayatnya dalam hadist menjadi puasa yang paling baik tentu saja bagi umat muslim yang taat tentu mau mengamalkan yang paling baik saya telah merasakan menjalankan puasa Nabi Dawud adapun berapa lamanya tidak etis saya mengutarakan disini kawatir ada rasa takabur dalam benak hati namun yang jelas sangat kami rasakan nikmat dan sejuknya rasa hati sertamerasakan kenyamanan dunia sekeling kita ini yang Alloh telah menurunkan melalui ayat ayatnya yang tersirat di kanan kiri kita adapun yang bisa kita sampaikan tentang Puasa Dawud :

    1. Tiap dua minggu sekali kita sudah secara rutin melaksanakan puasa senin kamis ( minggu ini senin kita puasa kamis tidak minggu depan senin tidak puasa kamis puasa ini akan dilakukan sepanjang masa ).
    2. Tiap dua lapan (jawa 35 hari) neptu kelahiran pasti dipuasani ( lapan ini puasa lapan depan tidak ).
    3. Tiapa bulan jawa tangal 1 dan 15 dua bualan sekali sudah otomatis akan puasa .

    Satu diantara contoh menurut ligika perhitungan jadi bagi yang sudah menjalankan puasa Dawud tidak perlulagi mencampurkan puasa puasa sunah lainya semuanya sudah terlaksanakan secara otomatis jadi Rosululloh menmberikan rekomendasi kepada sahabatnya otomatis kepada kita semua selaku umatnya pasti benar dan tinggal kita menerima dan menelaahknya manfaat secara lahir yang telah dibuktikan :

    1. Kesehatan jelas bagi yg puasa Dawud dijamin akan sehat tidak perlu melakukan diet akrena puasa ini adalah died yang paling sempurna .

    2.Orang yang puasanya bener bagi yang puasa Dawud tidak akan punya perut yang gendut alias tidak mungkin toksin tertinggal di usus kecil maupun besar (jaman sekarang sumber penyakit adalah dari makanan yang sudah tidak seteril kalau sampai ada makanan yang berlebihan jaman sekarang sama dengan menabung penyalit ).

    3.Terbukti bagi yg telah menjalani puasa ini dengan rutin dan sempurna tidak ada pantangan makanan dan tidak ada yang tidak dirasakan enak dan nikmat semua makanan serta jarang terserang penyakit .

    Beberapa contoh bukti lahir bagi yang sudah melaksanakan dan bisa merakan tentu pengalaman teman juga sama dan masih banyak lagi yang dirasakan belum secara rohani dan batiniayah puasa Dawud mempunya hekmah batin dan pendidikan rohkani serta mendapan kan guru guru baik secara akademik maupun secara alamiyah batin :

    1. Biasanya lebih sabar dlam mengahadapi apa saja .

    2. Doanya selalu diijabah .

    3. Ringan melaksanakan ibadah .

    NB: Ada budenya teman saya sekarang Th 2000 Usianya 125 Th masih inerjik pengliatan pendengaran dan daya ingatnaya ( saya belum tanya masih hidup atau tidak karena teman saya sekarang sakit tidak bisa bicara ) itu balasan sya kepada teman teman yg suka puasa Dawud semoga kuwat melaksanakan dan niatilah puasa ini untuk mencari Rindho Alloh semata email : hm_djupri @yahoo.com .

    Wangalikumsalam Wr Wb.

     
    • dyah

      Agustus 10, 2011 at 7:57 pm

      Assalamu’alaikum Wr. Wb
      Amiiiiiiiiiin……aku termasuk salah satu teman anda krn aku jg sangat menyukai puasa Dawud……dan betul apa yg telah anda tulis diatas karena aku juga telah merasakan semuanya……semoga kita semua tetap istikomah melaksanakannya…..amin….
      Wass. Wr. Wb

       
  13. tommi

    Oktober 20, 2009 at 7:20 pm

    Pak Djefri kok ngucapinnya wangalikumsalam…????

    Koreksi ya pak, ucapkanlah wa’alaikumussalam dengan benar. Ingat, itu do’a dan perkara ibadah, jd kita ga boleh sembarangan ngucapinnya. Afwan ya pak, saya koreksi dikit :)

     
  14. hikmat

    Oktober 29, 2009 at 2:18 pm

    boleh tanya g??

    Qta sebagai manusiia Iman na kadang naek kadang turun..
    gmana dsaat kita sedang melaksanakan puasa daud..
    kemudian kita berhenti puasa??
    apakah bisa??

     
  15. herfandi

    November 3, 2009 at 7:26 pm

    asslm alkm… subhannalah, trm ksh ats ilmunya. tdnya sy ragu apkh sy hrs mlkkn puasa daud terus menrs?? dan insyaallah akan sy lkkn krn semuanya sudah jls dr hadis dan periwayatannya.. syukran katsiran..

     
  16. sup

    November 4, 2009 at 11:52 pm

    menurut saya, apapun puasanya tergantung pada niatnya, bolh gak puasa senin kemis dan daud dicampur? menurut hemat saya bolh….bila ada yang salah mohon di koreksi,……dan mohon diberi asalan yang jelas……

     
  17. Arief Rachman

    November 8, 2009 at 11:55 am

    assalamu’alaikum wr.wb
    Sy pelajar SMP.Sy mw tanya’ .Setiap hari kamis sy ada pelajaran olahraga. jika sy melakukan puasa Daud, lalu sy tdk melakukannya di hari kamis, apakah itu boleh? mohon jawabannya dengan bahasa yg mudah dimengerti ole anak-anak. terima kasih.
    wassalamu’alaikum wr.wb.

     
  18. sahid

    November 9, 2009 at 12:46 pm

    assalamu’alikum wr wb
    pak saya mau bertanya.
    kegunaan danfungsi dari puasa daud itu sendiri apa?
    apa puasanya orang yang berhajat? atau apa?
    jika di banding dengan puasa senin kamis, bagaiman?

     
  19. zaki

    Desember 11, 2009 at 5:49 am

    Saya, ingin puasa sunah daud, tapi alangkah baiknya dimulai dari hari apa ya…? atau sembarang, dan niat puasanya bagaimana ya…

     
  20. nie

    Desember 13, 2009 at 1:12 pm

    assalamu’alikum wr. wb.
    seseorang bernazar untuk melaksanakan puasa daud seumur hidupnya jika hajatnya tercapai, dan kemudian jika hajatnya benar2 tercapai maka yang ingin saya tanyakan :
    1. apakah ia berdosa jika pada suatu saat setelah hajatnya tercapai ia tidak melaksanakan puasa daud untuk beberapa waktu, misalnya satu minggu atau satu bulan, karena telah ia bernazar untuk melaksanakannya seumur hidupnya?
    2. bagaimana nanti jika pada saat melaksanakan puasa tersebut lama kelamaan ia tidak mampu? apakah yang bisa dilakukannya? apakah dapat diganti dengan membayar fidyah?
    3. apakah jika hajatnya belum tercapai ia dapat membatalkan nazarnya tersebut?

    mohon tanggapannya, terimakasih
    wassalamu’alaikum wr.wb.

     
  21. jene

    Desember 26, 2009 at 5:43 am

    assalamu’alaikum wr.wb semua ibdah yg tpenting adl niatnya. Bila puasa daud dniati u hajad dunia mk ya dunia yg di dpt.akherat tdk dpt ap2. Sptnya akan puasa ktk nadzar tlaksana hajadnya it sptnya hajad materi/dunia krn saudara sdh mbri kriteria dan tkesan mdikte Thn dlm doa.mk biar tdk merugi niatilah puasa/ibdah kt apapun it hny karena Allah,karena pngamdian kt sbh hamba dan apapun yg kt alami didunia ini=sht skt,kaya/miskin,susah/senang tdk akn mgubah pgbdian kt pd Allah..krn hdp didunia in singkat sj dan hdp yg sbnrnya yg abdi adl akherat. Jgn krn Allah ngasih kt ksenangn dunia kmd kt rajin ibdah dan ktk Allah mguji kt dng kesusahan kt kufur n malas ibdah.jazakallah khair

     
  22. Hm Djefri

    Januari 1, 2010 at 10:16 pm

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Terima kasih Mas Tommi koreksinya semoga Alloh mengampuni kesalahan ku dan menjadikan
    amal soleh mas Tommi amin .

    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

     
  23. Danu

    Januari 14, 2010 at 11:46 am

    Assalamualaikum,,..

    saya ingin membiasakan puasa Daud,,..

    gimana caranya???

    apakah sama seperti puASA yang bisanya???

    mohon informasinya,,….

     
  24. syafril

    Februari 4, 2010 at 5:53 pm

    Assalamualaykum..

    mau nanya..

    klo misalnya puasa daud pelaksanaannya berapa lama?

    tergantung niat?

    klo puasa daudnya cuma sebulan boleh?

    atau harus berpuasa daud selama 1th?

    mohon penjelasannya dan terangkan juga di hadis2/al-qur’an hehe klo ada juga itu juga…

    syukron..

     
    • Rahmat

      Desember 20, 2010 at 10:18 pm

      assalamu’alikum ya sahabatku. aku mau nanya gimana caranya puasa daud, masalahnya aku kurang mengerti dengan puasa daud. alhamduillah aku sudah mencoba-coba memulai puasa daud. yang aku tanyakan gini misalnya hari minggu aku niatin puasa daud besoknya aku niatin puasa sunat trus hari rabu aku niatin lagi puasa daud truss aku niatin lgi hari kamis puasa sunat. gimana boleh apa ng’ dikerjakan kayak gitu setiaphari senin ama hari kamis aku niatin puasa sunat.

       
  25. ummidew

    Februari 8, 2010 at 10:05 pm

    Assalamualaikum, mohon pencerahan mengenai lama minimum kita menjalankan puasa daud? Seminggu?sebulan?dst..kemudian ditengah2 niat tsb jika kita batal sehari (misal) apakah kita mulai dr awal atau meneruskan hari? Terima kasih.jazakallah..asslmualaikm wr wb

     
  26. ummidew

    Februari 28, 2010 at 8:40 pm

    Asslmlkm wr wb,
    Mohon share ilmu mengenai puasa daud ini, mengenai:
    Brp lama min pelaksanaan puasa ini, apakah jika kita baru bbrp kali menjalankan kemudian terpotong karena satu dan lain hal(tdk mlksanakan puasa bbrp hari), kmudian kita ingin melaksanakan lg berarti mulai dari awal atau meneruskan?
    Terima kasih byk, jazakallah..
    Wassalamualaikm wr wb

     
  27. tari

    Maret 13, 2010 at 12:25 am

    syukron atas infonya ,,,,

    semoga bisa diamalkan dgn istiqomah,,,

     
  28. Deniansyah

    Maret 13, 2010 at 8:02 pm

    Assalammu’alaikum…

    Terimakasih penjelasan tentang puasa daudnya…
    Setelah membaca di atas,
    Besok, saya niatkan puasa daud..
    Semangat! Allahu Akbar!:D

     
    • Wardatul Jannah

      Mei 10, 2011 at 9:08 am

      Al Hamdulillah,,, Semoga Allah Melipatgandakan amalmu……..

       
  29. agistania novia

    April 7, 2010 at 12:39 pm

    assalamu’alaikum,,,,

    saya seorang pelajar SMP
    saya ingin sekali berpuasa daud
    dan ada hal yang ingin saya tanyakan
    1.bagaimana jika di suatu hari saya telah berpuasa daud lalu satu hari saya membatalkannya. apakah akan menggugurkan puasa yang sebelumnya?
    2. lalu jika saya sedang masa haid. bagaimana dengan puasanya?

     
  30. meisya

    April 14, 2010 at 12:17 pm

    assalamu’alaykum………….

    dlu sy s4 bingung dg puasa ni,,,,,,,,,,,,,stelah bberapa wktu alhmdulillah,tlah sy laksanakn,,
    namun sempat sy ragu2,,kmdian sy brhenti dr kbiasaan sy brpuasa daud,,,,,,,

    tapi stlah mmbaca tulisn2 d atas,,sy mlae yakin kmbali,,,,,,,,,smangat puasa daud,,,,,,,,,,,!!!!

     
  31. sandi

    Mei 2, 2010 at 4:47 pm

    Assalamualaikum,,
    mas niat puasanya keq mna mas,
    sama gak sm puasa yg laen,,
    mksh..

     
  32. BIBIN

    Mei 3, 2010 at 9:25 pm

    BAGI PENGALAMAN TENTANG PUASA DAUD, INSYAALLAH SAYA SUDAH MELAKSANAKAN

     
  33. rudyerdiansyah

    Juli 25, 2010 at 12:01 pm

    Alhamdulillah, saya sudah memulai. Just do it!, biar Allah yang menilai…

     
  34. nur

    Agustus 18, 2010 at 12:45 pm

    assalamualaikum wr.wb

    saya seorang pelajar SMA. saya bingung. jadi intinya bagaimana??? kalau puasa daud tiba pada hari jum’at,boleh puasa pada hari itu tidak???

    mohon di jawab….

    syukron,,,,,,,
    wassalamualaikum wr.wb

     
  35. nur

    November 27, 2010 at 11:07 pm

    assalamu’alaykum. apakah puasa daud ada batas minimalnya? misal minimal 1 th ataukah semampu kita? mohon dengan dalilnya. jazakumullahu khair

     
  36. Majelis Puasa Daud

    Januari 6, 2011 at 4:01 pm

    Alhamdulillah, semoga semakin banyak muslim dan muslimah yang menjalankan puasa nabi Daud.

     
  37. Ahmad Izri

    Februari 24, 2011 at 8:30 am

    Bagi saudara dan saudariku seiman… Izinkan saya berbagi pandangan dan pengalaman terkait Puasa Daud ini, dan semoga tidak akan ada lagi pertanyaan-pertanyaan yang sebetulnya tidak perlu lagi dipertanyakan.

    Jika benar-benar ingin melaksanakan Puasa Daud, atau sering disebut Puasa ala Nabi Daud, maka hal yang paling baik di awal adalah tekad dan niat yang sungguh-sungguh. Jika benar kita serius, ingin mengamalkan puasa yang paling baik ini, maka hal-hal lain semestinya tidak perlu lagi dipertanyakan. Mau jatuhnya hari Jum’at lah, hari Sabtu lah, hari Senin lah, hari Kamis lah, atau terpotong oleh sakit sehari lah, batal di lain hari lah, yang paling penting itu adalah terus istiqamah alias konsisten untuk terus melakukan dan melanjutkan puasa Daud.

    Lalu, apakah pelaksanaan puasa Daud ini harus selamanya? Seperti yang sudah saya utarakan, yang penting itu kita konsisten. Mungkin saja di suatu waktu kita sakit satu minggu, nah, setelah sehat, kita lanjutkan lagi puasa Daud tersebut. Dan tentu, idealnya puasa Daud ini dijalankan hingga akhir hayat. Tentu, awalnya terasa berat, karena BELUM TER-BI-A-SA. Tapi jika kita sudah terbiasa, insya Allah, yang ada kita malah ketagihan dan ingin terus menerus melakukannya. Karena apa?

    1. Fakta, siapapun yang konsisten melaksanakan puasa Daud, tidak akan pernah mudah sakit. Silakan dibuktikan sendiri, minimal sampai 2 minggu atau 1 bulan saja, dan lihatlah keajaiban yang akan tubuh Anda rasakan. Jadi sebetulnya tak perlu ada kekhawatiran bagi yang akan hendak memulainya karena takut akan jatuh sakit, karena yang ada justru malah sebaliknya, kita menjadi kebal terhadap segala jenis penyakit. Tentunya hal ini bukan sekedar omong kosong, karena saya pun mengalaminya langsung, jadi asli dari pengalaman nyata sendiri. Apa sebabnya? Sebabnya adalah, ketika kita makan (secukupnya) satu hari, lalu keesokan harinya puasa, lalu lusanya berbuka, lalu esoknya lagi puasa, itu menjadikan sistem pencernaan kita menjadi lentur dan kuat, sehingga membuat sirkulasi darah bekerja secara dinamis. Berbeda dengan mereka yang tidak sekalipun puasa, pencernaan terus-terusan dipaksa bekerja dan menjadi tempat sampah makanan, sehingga menjadi biang penyakit pencernaan. Jadi, berbahagialah bagi siapapun yang mengamalkan puasa Daud semasa hidupnya.

    2. Hidup Anda akan berubah 180 derajat. Ketika kita sudah terbiasa melakukan puasa Daud, hal-hal sekecil apapun akan terasa nikmat LUAR BIASA bagi diri kita. Karena apa? Karena kita sudah TERBIASA LAPAR. Ketika kita sudah terbiasa lapar, kita jadi tidak lagi merasa takut apabila sewaktu-waktu tidak punya apa-apa, kita jadi kebal dengan hidup, kita menjadi tenang dan tentram. Soal ketenangan hati ini, itu adalah rahmat dan karunia ajaib Allah. Yang jelas, ketika diri kita sudah membiasakan lapar, kita akan menjadi sosok insan yang akan mudah bersyukur dan bahagia, meskipun hanya makan nasi dengan tempe atau ikan asin saja, kita akan merasa bahagia luar biasa. Aneh memang, tapi itulah keajaibannya.

    3. Ketika kita sudah membiasakan puasa Daud dan terbiasa lapar, kita akan lebih peka dengan segala jenis makanan. Kita seperti menjadi sebuah detektor, yang mampu mendeteksi, “Oh, makanan ini jelek, makanan ini buruk, makanan ini tidak baik” dan lain sebagainya. Karena apa, karena ketika kita sudah membiasakan puasa Daud, kita akan lebih mencintai perut yang kosong ketimbang perut yang kenyang, dan kita akan benar-benar benci dengan kenyang, karena kita akan sadar, kenyang itu menjadi sumber malapetaka kesehatan tubuh dan diri.

    4. Ketika kita sudah membiasakan diri melakukan puasa Daud dan terbiasa lapar, jiwa sosial kita akan lebih peka. Kita akan lebih mudah tersentuh melihat siapapun yang datang meminta-minta, karena apa, karena kita telah merasakan sendiri, betapa lapar itu menyengsarakan. Maka dari itu, lantaran kita sudah terbiasa lapar, kita menjadi sosok yang tidak tega melihat orang lain lapar. Jadilah kita ringan dalam memberi sedekah dan bantuan kepada orang lain. Rahmat dan pahala berlipatlah yang akan kita dapat.

    Ah, masih banyak lagi sebetulnya yang ingin saya bagikan di sini. Tapi sepertinya apa yang sudah saya kemukakan di atas sudah cukup, semoga bisa bermanfaat bagi siapapun Anda.

    Silakan, bagi yang hendak dan ingin berpuasa Daud, lakukan sekarang juga, atau esok. Semoga mendapat pengalaman dan manfaat yang lebih besar dari apa yang sudah saya kemukakan di atas. Sedangkan bagi yang masih menjalankan Puasa Daud hingga sekarang, tetaplah istiqamah dan konsisten, bahkan kalau perlu ajak orang-orang terdekat, kerabat dan sahabat untuk turut serta melestarikan puasa yang sangat dianjurkan Rasulullah.saw ini. Dan mohon diingat, puasa kita ini adalah lebih untuk dan semata demi Allah saja, jadi jangan sampai kita mengatakan kepada khalayak sudah berapa lama kita melakukan puasa Daud. Cukup dan biar Allah saja yang tahu sudah berapa lama kita melakukan puasa dahsyat ini.

    Assalamu’alaikum…

    Ahmad Izri

     
    • andy

      Juli 4, 2011 at 3:08 pm

      assalamualaikum wr. wb
      sya berniat unk melaksankan pusa daud bhkan sya ingin sekli melkukannya ttpi sblumnya sya igin nanya apa niat yg hrus d bca ……….
      wassalam

       
  38. romi yusli

    Maret 31, 2011 at 10:34 pm

    assalamualaikum wrb.
    setelah saya membaca uraian di atas, saya berharap dapat melaksanakan puasa nabi daud.

     
  39. pengembara

    April 18, 2011 at 12:53 am

    Gaharu adalah sejenis kayu dengan berbagai bentuk dan warna yang khas, memiliki kandungan damar wangi, berasal dari pohon atau bagian pohon penghasil gaharu, sebagai akibat dari proses infeksi yang terjadi secara alami atau buatan pada pohon Aguilaria sp (Thymelaeaceae).

    Harga 1 Batang Pohon Agarwood bisa mencapai beberapa ribu dollar USD per kilogram, makanya Pohon Ini disebut sebagai “POHON YANG SANGAT MAHAL DI DUNIA – ”MOST EXPENSIVE TREES IN THE WORLD”

    Setelah Penyulingan Harga Minyak Gaharu Bisa Mencapai Sekitar USD 5,000 ~ USD 10,000/kg dan Setelah Dibuat Menjadi Cairan Extract Harganya Mampu Mencapai Lebih Dari USD 30,000 atau Rp. 300.000.000,- / Liter.

     
  40. pengembara

    April 18, 2011 at 12:55 am

    Gaharu adalah sejenis kayu dengan berbagai bentuk dan warna yang khas, memiliki kandungan damar wangi, berasal dari pohon atau bagian pohon penghasil gaharu, sebagai akibat dari proses infeksi yang terjadi secara alami atau buatan pada pohon Aguilaria sp (Thymelaeaceae).

    Harga 1 Batang Pohon Agarwood bisa mencapai beberapa ribu dollar USD per kilogram, makanya Pohon Ini disebut sebagai “POHON YANG SANGAT MAHAL DI DUNIA – ”MOST EXPENSIVE TREES IN THE WORLD”

    Setelah Penyulingan Harga Minyak Gaharu Bisa Mencapai Sekitar USD 5,000 ~ USD 10,000/kg dan Setelah Dibuat Menjadi Cairan Extract Harganya Mampu Mencapai Lebih Dari USD 30,000 atau Rp. 300.000.000,- / Liter.

    http://www.n4gn.net modal 0 coba buka peluang bisnis umat

     
  41. smiley

    Mei 9, 2011 at 8:09 pm

    asalamualaikum
    Saya mau nanya, boleh gak kalo misalnya saya memutuskan untuk tidak puasa daud selama satu minggu karena banyak kegiatan dan badannya capek semua. kemudian meniatkan puasa daud lagi setelah 1 munggu tersebut.
    mohon share ilmunya.
    thanks banyak (^_^)

     
  42. Wistour

    Mei 10, 2011 at 12:22 pm

    Keep spirit bagi kita yang beribadah

     
  43. Wirda ningsih

    Mei 13, 2011 at 7:59 pm

    Assalamu’alaikum..
    Apa ada waktu minimal utk b’puasa daud?

     
  44. Wd-aw

    Mei 15, 2011 at 8:11 am

    Subhanallah,, dulu pernah sy merasakan nikmat dan luar biasa saat masih menjalankan puasa daud lebih kurang 3 tahun namun terhenti hingga sekarang.. Setelah membaca artikel dan koment di atas senangat kembali dan rindu akan nikmatnya puasa daud.. Semoga besok senin diberi kekuatan dan kemudahan oleh Allah utk kembali bisa menunaikan puasa daud..
    Kepada saudara2ku kaum muslimin mari kita kuatkan niat dan luruskan niat untuk bisa melaksanakan ibadah2 yang hanya mengharapkan ridho Allah semata..
    Wassalam..

     
  45. bagus

    Mei 16, 2011 at 9:57 am

    assalamualaikum…
    saya pelajar smp alhamdullilah kmrn dh ujian saya mw mencoba puasa daud ini yg saya tanyakn
    niat puasa nabi daudnya bagaimana?????

     
  46. bagus

    Mei 16, 2011 at 10:03 am

    assalamualaikum…
    saya pelajar smp alhamdullilah kmrn bru slesai ujian akhir2 nie saya bnyk ujian/cobaan untuk melatih kesbrn saya mw coba puasa daud ini yg saya tanyakn
    bagaimana niat puasa nabi daudnya??
    mohon penjelasaanya

     
  47. diemas

    Mei 19, 2011 at 7:06 pm

    assalamualaikum wr wb.

    saya ingin berpuasa daud,.,..,
    karena ingin mensucikan diri,..,
    tapi caranya bagaimana ?
    dan niat nya yang bener apa ?
    soal nya banyak niat yg saya temukan berbeda” .,.,
    mohon bimbingan nya,.,.
    karena saya takut salah,..,.,
    mohon dibalaz,.,.
    terimakasih

     
  48. anie

    Mei 22, 2011 at 8:03 am

    assalamualaikum wr. wb.

    Saya mw tanya peLaksanaan min puasa daun brp Lama,.??

     
  49. Ahmad Izri

    Mei 24, 2011 at 1:59 pm

    @ smiley

    asalamualaikum
    Saya mau nanya, boleh gak kalo misalnya saya memutuskan untuk tidak puasa daud selama satu minggu karena banyak kegiatan dan badannya capek semua. kemudian meniatkan puasa daud lagi setelah 1 munggu tersebut.
    mohon share ilmunya.
    thanks banyak (^_^)

    Sebetulnya yang namanya puasa sunah itu tidak ada ketentuan mengikat. Namun berhubung puasa Daud ini begitu istimewa, makanya dianjurkan, sebisa mungkin dilakukan terus-menerus sepanjang hayat. Namun jika memang ada hal-hal yang membuat Anda mengalami kendala dalam melakukan puasa Daud dan harus vakum beberapa waktu, mungkin bisa ditolerir. Wallahu a’lam, hanya Allah yang Mengetahui. Namun saran saya, istiqomah, dan terus menjalankan puasa Daud.

    .
    .
    .

    @ wirda ningsih
    waktu minimal? jika untuk sekedar latihan dulu, bisa Anda coba selang-seling selama beberapa hari. Jika sudah kuat keyakinan, dan mantap hati, kerjakanlah dengan niat lillahi ta’ala sepanjang hidup Anda, dan ingat, jangan sampai ada satu orang pun yang tahu, bahwa Anda sedang melakukan puasa Daud, cukup Allah saja yang mengetahui ibadah Anda. Selamat mengerjakan.

    .
    .
    .
    @ wd-aw

    Subhanallah,, dulu pernah sy merasakan nikmat dan luar biasa saat masih menjalankan puasa daud lebih kurang 3 tahun namun terhenti hingga sekarang..

    Kenapa Anda malah menyebutkan lama Anda berpuasa ketika dahulu? Itu tidak etis. Lebih baik biarkan Allah yang tahu berapa lama Anda melakukan ibadah puasa Daud selama ini. Jika pun Anda harus menyebut, sebut saja seperlunya bahwa Anda pernah melakukan puasa Daud.

    .
    .
    .
    @ bagus

    assalamualaikum…
    saya pelajar smp alhamdullilah kmrn bru slesai ujian akhir2 nie saya bnyk ujian/cobaan untuk melatih kesbrn saya mw coba puasa daud ini yg saya tanyakn
    bagaimana niat puasa nabi daudnya??
    mohon penjelasaanya

    Wa’alaikum salam. Alhamdulillah, silakan dimantapkan. Adapun niat dari Puasa Daud kurang lebihnya begini: “Nawaitu shaumu Daawuuda lillaahi ta’aala” (Aku berniat berpuasa sunah Daud, karena Allah ta’ala).

    .
    .
    .
    @ diemmas

    assalamualaikum wr wb.
    saya ingin berpuasa daud,.,..,
    karena ingin mensucikan diri,..,
    tapi caranya bagaimana ?
    dan niat nya yang bener apa ?
    soal nya banyak niat yg saya temukan berbeda” .,.,
    mohon bimbingan nya,.,.
    karena saya takut salah,..,.,
    mohon dibalaz,.,.
    terimakasih

    Wa’alaikum salam.
    Saran saya, lakukanlah dulu saja.

    .
    .
    .
    @ anie

    assalamualaikum wr. wb.
    Saya mw tanya peLaksanaan min puasa daun brp Lama,.??

    Seumur hidup.

     
  50. syahirul alim

    Juni 3, 2011 at 8:56 am

    segala amal tergantung niatnya,,,
    janganlah menjadi lilin,memang benar lilin itu menerangi semua orang namun bisa membakar dirinya sendiri.
    semakin qt jaun dari matahari semakin qt tertipu oleh bayang-bayangkita sendiri,,
    niati semua lillah billah,,
    hindari linnafsi binnafsi

     
  51. dinny

    Juni 7, 2011 at 7:06 pm

    assalamu alaikum…
    saya ingin bertanya tentang puasa daud karena saya bingung dengan pemahaman puasa daud yg berkembang d masyarakat…
    sebenarnya puasa dau dilakukan sama seperti puasa lainnya yaitu dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari atau puasa 24 jam tetapi selang seling harinya…
    terima kasih sebelumnya…

     
  52. wibowo

    Juni 24, 2011 at 9:24 am

    Asalamualaikum!!!!

    mantaf o om

     
  53. Abu Yahya

    Juni 24, 2011 at 4:33 pm

    Bagaimana ya caranya menyembunyikan bahwa kita sedang puasa daud, terutama kalau ada jamuan makan, diajak makan siang di kantor, atau di undang makan dan acara2 lainnya yang ada makan bersama?

     
  54. Abu Yahya

    Juni 25, 2011 at 3:21 am

    Saya ada pengajian rutin setiap hari sabtu yang selalu diselingi makan siang bersama. Kalau berpuasa daud tentunya setiap 2 minggu sekali (sabtu selang-seling) pas jatuh pada hari saya puasa daud. Pengajian ini berupa halaqah kecil, sehingga kalau tidak makan pasti ketahuan atau ditanya tuan rumah. Bagaimana cara menyembunyikan puasa daud dalam kondisi ini? Bagaimana cara menjawab tuan rumah?

     
  55. triy ratna yantiy

    Juni 28, 2011 at 8:53 am

    bolehkan jika kita puasa daud setelah beberapa hari dan jika kita tidak kuat, kita boleh berhanti sementara dan setelah beberapa hari kita laksanakannya lagi?

     
  56. andy

    Juli 4, 2011 at 3:00 pm

    bagaimana doa melakukan puasa daud ??????????

     
  57. TriYono

    Juli 9, 2011 at 12:56 pm

    Asslamualaikum warrohmatullohi wabarrokatuh.
    Pak Ustad? saya tertarik untuk belajar puasa Daud namun saya gak tahu bagaimana memulainya misalnya hari apa? doanya/niatnya bagaimana meskipun hanya dalam hati, dan hari apa saja yang tidak boleh/dilarang puasa Daud? mohon bimbingannya Pak ustad

    waalaikummussalam.

     
  58. rooney

    Juli 9, 2011 at 3:22 pm

    saya mw bertanya nih…gimana caranya bayar hutang puasa yg dari sejak diwajibkan puasa sampai umur 25 saya nggk pernah puasa ramadhan…
    tolong pencerahannya ya

     
  59. Astria

    Juli 10, 2011 at 5:06 pm

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Saya ingin bertanya.
    Puasa daud itu dilakukan 1th atau 1bln?

    Mohon dijawab dan terima kasih sebelumnya.

     
  60. muhammadindarpati

    Juli 19, 2011 at 1:59 pm

    Bagi rekan-rekan semuslim/seiman yang masih bertanya-tanya perihal puasa Daud, silakan kunjungi http://muhammadindarpati.wordpress.com/

    insya Allah, saya akan sebisa mungkin memberi jawaban padat dan ringkas apabila ada pertanyaan.

    Mari, kita lestarikan puasa Daud, mulai sekarang.

    Assalamu’alaikum.

     
  61. titis

    Juli 25, 2011 at 11:36 am

    asslamu’alaykum
    ust, saya mau tanya. Terkait puasa daud, memang saya belum lama menjalaninya. Nah yang mau sya tanyakan, jika mendekati Bulan Ramadhan seperti sekarang ini yaitu pekan terakhir sya’ban, adakah sunahnya untuk menghentikab berpuasa daud sebelum Ramadhan? Jika iya,kapan ya?

    Oh ya, saya juga srg mendapat pertanyaan…sesungguhnya adakah batasan waktu untuk seseorang sudah dapat berpuasa daud? 1 tahun kah atau brp lamanya?
    Syukron wa jazakallahu khoir

     
  62. Ali Miftahudin

    Januari 20, 2013 at 11:32 am

    apakah puasa dilakukan 24 jam puasa, trus 24 jam brbuka? atau sama seperti puasa yg lainya? makasih

     
    • harry

      Mei 26, 2013 at 9:52 pm

      Sama seperti puasa pada umumnya.

       
  63. safire

    April 14, 2013 at 10:32 am

    AS’salamuallaikum,,,
    sangat bermanfaat infonya?
    bagaimana kalu niat kita menbayar puasa ramadhan yang tidak lengkap
    apakah bisa di laksanakan seperti puasa daud?

     
    • harry

      Mei 26, 2013 at 9:54 pm

      Bisa, tetapi niatnya puasa qadha ramadan, bukan puasa Daud.

       
  64. w3nz3r

    April 16, 2013 at 12:29 pm

    Puasa dilakukan dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.
    pertanyaan saya untuk puasa Daud
    1 hari = 24 Jam
    jadi bagaimana waktu untuk pelaksanaan puasa daud, mohon pencerahan ilmunya ??

     
    • harry

      Mei 26, 2013 at 9:57 pm

      Maksud sehari disini adalah waktu puasa pada umumnya, yaitu dari terbit fajar hingga tenggelam matahari, bukan 24 jam.

       
  65. Rhadi

    Agustus 31, 2013 at 8:39 pm

    semoga Allah memberikan hidayah kepada kita semua yg mengalkan puasa daud

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: