RSS

Sholat Sunnah Setelah Sholat Shubuh

06 Sep

Tanya :
Benarkah setelah shalat subuh ada shalat sunnah, karena saya pernah mendengar bahwa setelah shalat subuh ada shalat sunnah ?

Jawab :
Tidak ada shalat sunah setelah shalat subuh karena waktu tersebut termasuk dalam waktu-waktu yang dilarang oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam  untuk melaksanakan sholat

Akan tetapi kalau shalat yang dimaksud adalah sholat yang dilakukan setelah terbitnya matahari maka hal itu ada dan di namakan shalat isroq (shalat menyambut matahari terbit) hal ini di lakukan kira kira 20 menit setelah matahari terbit karena ada hadits dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang berbunyi :

مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِي جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ …. تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ

“Barangsiapa yang sholat Shubuh berjamaah lalu ia tetap duduk dan berdz-ikir kepada Allah hingga terbit matahari, kemudian melakukan sholat dua rakaat maka ia mendapat pahala seperti pahala haji dan umrah yang sempurna, sempurna, sempurna. ” Diriwayatkan oleh Tirmidzi, Kitabush-Sholat 2/481 No 586 clan Anas. Tirmidzi berkata: “Hasan gharib.”Namun mempunyai syahid dari hadits Abu Umamah yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani 8/174 No 7649, 7664.Syahid lain dari hadits Ibnu Umar yang diriwayatkan oleh Thabrani di Al-Ausath.Lihat Shahih At-Targhib 1/188-189)
(Lihat Fatawa Arkanil Islam: 361-362)

About these ads
 
9 Komentar

Ditulis oleh pada September 6, 2008 in Fiqih, sholat

 

Tag:

9 responses to “Sholat Sunnah Setelah Sholat Shubuh

  1. muhajirin

    Januari 9, 2009 at 11:23 am

    Alhamdulillah saya sudah mempunyai 2(dua) sumber dalil bila ada yang mengatakan bid’ah saya bisa berkomentar

     
  2. zaini

    April 21, 2009 at 2:35 pm

    Tanya :
    Benarkah setelah shalat subuh ada shalat sunnah, karena saya pernah mendengar bahwa setelah shalat subuh ada shalat sunnah ?
    dan apa perbedaan sholat Isroq dan duha

     
  3. danie

    Mei 19, 2009 at 3:34 am

    bagaimana klu kita bangun kesiangan,sedangkan hari dah sdikit terang,bolehkah melakukan sholat subuh???

     
    • willy

      Januari 11, 2011 at 8:59 am

      ya k boleh sedangkan Allah menyuruh agar tepat waktu dalam melaksanakan sholat. kalau tidak akan dikatakan org2 yg lalai

       
    • willy

      Januari 11, 2011 at 11:23 am

      tetapi kalau antum dari malam ampe siang blum ada terbangun berarti boleh anda menjalankan sholat shubuh, karena pada saat Rasullullah SAW capek dan tertidur dan belum terbangun sampai shubuh. dan Rasullulah SAW langsung melaksanakan sholat shubuh dan berpindah tempat ke tempat yg lain untuk melaksanakan sholat shubuh.

       
  4. yuslis

    Oktober 21, 2009 at 6:01 pm

    assalamualaikum,ana sering lihat jamaah salaf melakukan shalt sunnah ba’da shubuh sblm matahari terbit.mhn pencrahannya shalat apkh yg dilakukan tersbut bl tdk ada shalat stlh shubuh?

     
  5. tommi

    Oktober 22, 2009 at 7:09 pm

    Untuk sahabat yuslis, sholat sunnah yg dilakukan jama’ah salaf ba’da subuh itu adalah qodho sholat sunnah qobliyah subuh yg blm sempat dilaksanakan oleh mereka, mungkin mereka masbuq (telat datang untuk berjama’ah).

    Adapun dalilnya bahwa bolehnya mengqodho’ sholat sunnah qobliyah subuh pd waktu ba’da subuh, diriwayatkan dari sebuah hadits, bahwa Rasulullah mengimami sholat subuh para sahabatnya, lalu setelah selesai, ada seorang sahabat yg sholat 2 raka’at lagi dan Rasulullah melihatnya. Setelah sahabat itu selesai Rasulullah bertanya, “Wahai, apakah engkau td sholat subuh 4 raka’at?”. Lalu sahabat itu menjawab, “Ya Rasulullah, sesungguhnya aku tadi tidak sempat melaksanakan sholat sunnah fajar, oleh karena itu sholatku tadi adalah sholat qodho’nya,” Lalu Rasulullah diam. (HR Abu Daud dishahihkan oleh Syaikh Albani, bisa dilihat di Sunan Abu Daud).

    Afwan, ini yg bisa saya bantu, klo ada yg salah mohon dikoreksi.

     
  6. apakah ada do'a isyroq

    November 14, 2012 at 7:08 am

    apakah ada do’anya shalat isyroq

     
  7. apakah ada do'a isyroq

    November 14, 2012 at 7:11 am

    nasrudin atamam

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: